Serunya Staycation di Artotel Hotel Jogja, Hotel Bernuansa Seni

Posted on

Menginap di Artotel Hotel Jogja akan memberikan kesan dan pengalaman tersendiri. Hotel ini tergolong hotel yang masih cukup baru berdiri di Jogja sekitar lima tahun. Lokasi hotel yang sangat strategis membuat hotel ini selalu menjadi tujuan staycation karena mengusung konsep seni kontemporer yang sangat ciamik.

Hal ini sesuai dengan namanya, Artotel memang merupakan hotel yang serius menyuguhkan seni kontemporer sebagai identitas utamanya. Setelah lebih dulu ada di kota Jakarta, Surabaya, dan Bali. Sekarang kehadiran Artotel di Jogja semakin melengkapi vibes seni yang melekat pada kota Jogja yang merupakan kota budaya.

Kita tahu, bahwa Jogja sendiri merupakan kota yang tak pernah sepi pengunjung. Baik dari kalangan pengajar maupun pelancong. Tidak heran jika fasilitas semakin terpenuhi dan mumpuni, termasuk penginapan.

Serunya Staycation di Artotel Hotel Jogja, Hotel Bernuansa Seni
Serunya Staycation di Artotel Hotel Jogja, Hotel Bernuansa Seni

Setiap Sudut Artotel Hotel Jogja Sangat Instagramable

Hotel ini beralamat di Jalan Kaliurang KM 5 Sleman Yogyakarta dan termasuk hotel berbintang dengan detail seni kontemporer di setiap sudutnya. Hal yang paling menarik adalah sebuah seluncuran raksasa berwarna emas yang berada di lobby hotel.

Mungkin kamu akan mengira kalo seluncuran ini hanya merupakan pajangan seni semata. Namun siapa sangka kamu bisa menggunakan seluncuran ini untuk turun dari lantai dua ke lobby hotel dengan cepat dan mengasyikan. Serasa seperti mengenang masa kecil, ya.

Selanjutnya untuk kamar hotelnya sendiri juga sangat unik dan artsy. Setiap lantainya memiliki tema yang berbeda-beda karena desainnya juga merupakan hasil kolaborasi dengan seniman Jogja yang berbeda-beda pula. Diantaranya adalah seniman Uji Hanan, Soni Irawan, dan Fatoni Makturodi yang mengusung seni dengan tema folklore lokal.

Selain itu, Artotel hotel jogja juga memiliki artspace yang bisa digunakan untuk menggelar exhibition atau pameran seni. Hal ini adalah salah satu totalitas Artotel hotel dalam memberikan ruang berkesenian untuk para seniman terutama di kota Jogja.

Fasilitas Artotel Hotel yang Kekinian

Artotel Hotel Jogja memiliki total 105 kamar dengan ukuran 23 dan 41 meter persegi. Ukurannya memang tidak begitu besar, tapi sangat worth it dan sesuai dengan kebutuhan segmentasi pasarnya.

Setiap kamar hotel sudah dilengkapi dengan TV flat 43 inch, mesin kopi Dolce Gusto, mini bar, dan akses internet. Selain itu, Artotel juga memiliki kolam renang di dekat resto.

Nafas seni bukan hanya di kamar dan lobby, namun di resto juga demikian. ROCA (Restaurant of Contemporary Art) adalah resto Artotel Hotel yang buka 24 jam sehingga bukan hanya tamu hotel saja yang bisa makan di restoran ini.

Interior dalam ROCA bar diberi desain mural oleh seniman Rara Kuastra dan Putut Utama yang bertemakan dewi sri atau dewi kesuburan. Tak perlu khawatir soal rasa, dijamin tidak akan kecewa.

Salah satu hal unik lainnya adalah staff hotel yang berbusana casual dan santai bahkan memakai sneakers dan bertato. Namun hal ini tidak mengurangi profesionalitas dan keramahan staff Artotel Jogja.

Artotel Hotel Jogja termasuk hotel bintang empat dengan fasilitas dan pelayanan yang sangat baik serta dibalut dengan tema seni kontemporer. Oleh karena itu, hotel ini sangat cocok untuk kaum milenial atau keluarga muda yang ingin staycation di Jogja dengan lokasi strategis dekat dengan pusat kota. Rate per malam pun tergolong terjangkau hanya berkisar ratusan ribu saja untuk tipe kamar studio 23 dan studio 25 dan sekitar satu jutaan untuk kamar tipe studio 41.